Selasa, 18 Oktober 2016

MANFAAT TEORI PERMINTAAN

MAKALAH
Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
EKONOMI MANAJERIAL

PEMANFAATAN TEORI PERMINTAAN DALAM EKONOMI MANAJERIAL

Disusun oleh :
1. Abdul Rojih (14340250011)
2. Rizal Alimudin S (14340257085)
3. Afrilia Fatmawati (14340250004)
4. Yulianan Sari (14340250002)
Semester  V (lima)

Dosen Pengampu
Drs.Budi Supriyatno,MM.,MSi



FAKULTAS EKONOMI /MANAJEMEN





UNIVERSITAS SATYAGAMA
2016

KATA PENGANTAR


Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah tentang l manfaat teori permintaan dalam ekonomi manajerial.

Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
   
Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.
   
Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang manfaat teori permintaan dalam ekonomi manajerial ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
   
                                                                                      Jakarta,  Oktober 2016






                                                                                                                                                                                        Penyusun


DAFTAR  ISI
JUDUL.........................................................................................................................1
KATA PENGANTAR..................................................................................................2
DAFTAR ISI................................................................................................................3
BAB  I PENDAHULUAN...........................................................................................4
1.1  Latar Belakang Masalah.............................................................................4
1.2  Tujuan Penulisan........................................................................................4
1.3  Perumusan Masalah...................................................................................4
1.4  Pembatasan Masalah..................................................................................5
BAB  II  PEMBAHASAN MASALAH......................................................................6
        2.1 Pengertian /Arti Definisi Permintaan dan Penawaran................................6
        2.2 Hukum Permintaan dan penawaran............................................................6
        2.3 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan (demand)............6
        2.4 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran (supply)...............7
        2.5 Kurva Permintaan.......................................................................................9
        2.6 Pergeseran Kurva Permintaan....................................................................9
BAB  III  PENUTUP.................................................................................................11
        3.1 Kesimpulan...............................................................................................11
        3.2 Saran..........................................................................................................12
DAFTAR  ISI............................................................................................................13





 BAB  I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam kajian ekonomi secara mikro, pembahasan didasarkan pada perilaku individu sebagai pelaku ekonomi yang berperan menentukan tingkat harga dalam proses mekanisme pasar. Mekanisme pasar itu sendiri adalah interaksi yang terjadi antara permintaan (demand) dari sisi konsumen dan penawaran (supply) dari sisi produsen, sehingga harga yang diciptakan merupakan perpaduan dari kekuatan masing-masing pihak tersebut. Oleh karena itu, maka perilaku permintaan dan penawaran merupakan konsep dasar dari kegiatan ekonomi yang lebih luas.  “Permintaan dan penawaran adalah dua kata yang paling sering digunakan oleh para ekonom, keduanya merupakan kekuatan-kekuatan yang membuat perekonomian pasar bekerja. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana kebijakan atau peristiwa akan mempengaruhi perekonomian, terlebih dahulu Anda harus memikirkan pengaruh keduanya terhadap permintaan dan penawaran.

1.2 Tujuan penulisan
Adapun tujuan dari penyusunan makalah ini adalah :
     1.Untuk menyelesaikan tugas pembuatan makalah Ekonomi Manajerial
     2.Untuk mengetahui pengertian permintaan.
     3.Untuk mengetahui kurva permintaaan dan pergeserannya.
Dalam ekonomi terdapat permintaan (demand) dan penawaran (supply) yang saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang). Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan, penawaran, harga dan kuantitas yang saling mempengaruhi satu sama lain.
Permintaan merupakan salah satu aspek terpenting dalam eknoi manajerial.
Penting bagi penciptaan,kelangsungan hidup dan profitabilitas perusahaan

1.3Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dari makalah ini adalah :
     1.Pengertian Permintaan dan penawaran
     2.Hukum Permintaan dan penawaran
     3.Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan (demand).
     4.Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkst penawaran (supply).
     5.Bagaimana bentuk kurva permintaan ?
     6.Bagaimana pergeseran kurva permintaan ?

1.4 Pembatasan Masalah
     Dalam penulisan makalah ini,penulis membatasi masalah yang akan dibahas agar lebih jelas,penulis hanya akan membahas tentang teori permintaan,penawaran,serta factor-faktor yang mempengaruhinya.



BAB  II
PEMBAHASAN  MASALAH

2.1. Pengertian/Arti Definisi Permintaan dan Penawaran
     Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan pengertian penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.
Contoh permintaan adalah di pasar kebayoran lama yang bertindak sebagai permintaan adalah pembeli sedangkan penjual sebagai penawaran. Ketika terjadi transaksi antara pembeli dan penjual maka keduanya akan sepakat terjadi transaksi pada harga tertentu yang mungkin hasil dari tawar-menawar yang alot.

2.2. Hukum Permintaan dan Hukum Penawaran
     Jika semua asumsi diabaikan (ceteris paribus) : Jika harga semakin murah maka permintaan atau pembeli akan semakin banyak dan sebaliknya. Jika harga semakin rendah/murah maka penawaran akan semakin sedikit dan sebaliknya.

Semua terjadi karena semua ingin mencari kepuasan (keuntungan) sebesar-besarnya dari harga yang ada. Apabila harga terlalu tinggi maka pembeli mungkin akan membeli sedikit karena uang yang dimiliki terbatas, namun bagi penjual dengan tingginya harga ia akan mencoba memperbanyak barang yang dijual atau diproduksi agar keuntungan yang didapat semakin besar. Harga yang tinggi juga bisa menyebabkan konsumen/pembeli akan mencari produk lain sebagai pengganti barang yang harganya mahal.

2.3 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan (Demand)

1. Perilaku konsumen / selera konsumen
Saat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak yang beli, tetapi beberapa tahun mendatang mungkin blackberry sudah dianggap kuno.

2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.

3. Pendapatan/penghasilan konsumen
Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli.

4. Perkiraan harga di masa depan
Barang yang harganya diperkirakan akan naik, maka orang akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin.

5. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
Ketika flu burung dan flu babi sedang menggila, produk masker pelindung akan sangat laris. Pada bulan puasa (ramadhan) permintaan belewah, timun suri, cincau, sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan sangat tinggi dibandingkan bulan lainnya.

2.4. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran (Suply)

1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.

2. Tujuan Perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.

3. Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.

4. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.

5. Prediksi / perkiraan harga di masa depan
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.

2.5 Kurva Permintaan

   Kurva permintaan (demand curve) adalah kurva yang menggambarkan hubungan antara harga dengan jumlah barang yang diminta. Sesuai dengan hukum permintaan, maka bentuk kurva permintaan melereng dari kiri atas ke kanan bawah atau dari kanan bawah ke kiri atas.

Untuk memahami hubungan permintaan dengan harga, amatilah tabel berikut ini.






2.6 Pergeseran kurva permintan
Kurva permintaan dapat bergeser ke kanan dan kekiri ,jika keadaan lain yang ceteris paribus tidak dipenuhi.Apabila pendapatan seseorang bertambah,maka permintaan barang yang akan di beli juga bertambah,sehingga kurva bergeser kekanan,sebaliknya apabila pendapatan seseorang berkurang maka permintaan juga berkurang sehingga kurva bergeser ke kiri,jika digambarkan dalam bentuk grafik akan tampak sebagai berikut :






BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan

          Permintan adalah banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat harga tertentu pada tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu.
Hukum permintaan adalah hukum yang menjelaskan tentang adanya hubungan yang bersifat negatif antara tingkat harga dengan jumlah barang yang diminta.
Dalam ekonomi, kurva permintaan merupakan grafik yang menggambarkan hubungan antara harga dengan jumlah komoditas yang ingin dan dapat dibeli konsumen.
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Tingkat Permintaan (Demand)
Harga barang itu sendiri
Harga barang substitusi (pengganti)
Harga barang komplementer (pelengkap)
Jumlah Pendapatan
Selera konsumen
Intensitas kebutuhan konsumen
Perkiraan harga di masa depan
Jumlah penduduk
Pergeseran kurva permintaan disebabkan oleh berbagai faktor selain harga produk tersebut.



3.2 Saran
Dengan adanya makalah ini, semoga kalian dapat memahami dan mengerti tentang Teori, Hukum,Kurva,Factor-faktor,dan Pergeseran Kurva Permintaan dalam study Pengantar Ekonomi, selain dari itu kami dari kelompok 1 juga mengharapkan kritikan dari kalian semua, agar dapat membangun atau untuk menyempurnakan pembuatan makalah yang selanjutnya. 


DAFTAR PUSTAKA
Sumber:
Gorman, T. (2009). Economic's. Jakarta: Prenada .
Karim, A. A. (2003). Ekonomi Mikro Islam . Jakarta: The International Institute Of Islamic Thought Indonesia dan Karim Business Consultant.
Soekirno, S. (2005). Mikro Ekonomi : Teori Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
"Marshallian Cross Diagrams and Their Uses before Alfred Marshall: The Origins of Supply and Demand Geometry" by Thomas Humphrey (via the Richmond Fed)











    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar