MAKALAH
Diajukan
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
EKONOMI
MANAJERIAL
PEMANFAATAN
TEORI PERMINTAAN DALAM EKONOMI MANAJERIAL
Disusun oleh :
1. Abdul Rojih (14340250011)
2. Rizal Alimudin S (14340257085)
3.
Afrilia Fatmawati (14340250004)
4. Yulianan Sari (14340250002)
4. Yulianan Sari (14340250002)
Semester V (lima)
Dosen Pengampu
Drs.Budi
Supriyatno,MM.,MSi
FAKULTAS
EKONOMI /MANAJEMEN
UNIVERSITAS
SATYAGAMA
2016
KATA
PENGANTAR
Dengan
menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan
puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat,
hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah
tentang l manfaat teori permintaan dalam ekonomi manajerial.
Makalah
ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari
berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu
kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah
berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
Terlepas
dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari
segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka
kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki
makalah ilmiah ini.
Akhir
kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang manfaat teori permintaan dalam
ekonomi manajerial ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap
pembaca.
Jakarta, Oktober 2016
Penyusun
DAFTAR ISI
JUDUL.........................................................................................................................1
KATA
PENGANTAR..................................................................................................2
DAFTAR
ISI................................................................................................................3
BAB I PENDAHULUAN...........................................................................................4
1.1 Latar Belakang Masalah.............................................................................4
1.2 Tujuan
Penulisan........................................................................................4
1.3 Perumusan
Masalah...................................................................................4
1.4 Pembatasan
Masalah..................................................................................5
BAB II
PEMBAHASAN MASALAH......................................................................6
2.1 Pengertian /Arti Definisi
Permintaan dan Penawaran................................6
2.2 Hukum Permintaan dan penawaran............................................................6
2.3 Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Tingkat Permintaan (demand)............6
2.4 Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Tingkat Penawaran (supply)...............7
2.5 Kurva Permintaan.......................................................................................9
2.6 Pergeseran Kurva
Permintaan....................................................................9
BAB III
PENUTUP.................................................................................................11
3.1
Kesimpulan...............................................................................................11
3.2
Saran..........................................................................................................12
DAFTAR ISI............................................................................................................13
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Dalam
kajian ekonomi secara mikro, pembahasan didasarkan pada perilaku individu
sebagai pelaku ekonomi yang berperan menentukan tingkat harga dalam proses
mekanisme pasar. Mekanisme pasar itu sendiri adalah interaksi yang terjadi
antara permintaan (demand) dari sisi konsumen dan penawaran (supply) dari sisi
produsen, sehingga harga yang diciptakan merupakan perpaduan dari kekuatan
masing-masing pihak tersebut. Oleh karena itu, maka perilaku permintaan dan
penawaran merupakan konsep dasar dari kegiatan ekonomi yang lebih luas. “Permintaan dan penawaran adalah dua kata
yang paling sering digunakan oleh para ekonom, keduanya merupakan
kekuatan-kekuatan yang membuat perekonomian pasar bekerja. Jika Anda ingin
mengetahui bagaimana kebijakan atau peristiwa akan mempengaruhi perekonomian,
terlebih dahulu Anda harus memikirkan pengaruh keduanya terhadap permintaan dan
penawaran.
1.2
Tujuan penulisan
Adapun
tujuan dari penyusunan makalah ini adalah :
1.Untuk menyelesaikan tugas pembuatan
makalah Ekonomi Manajerial
2.Untuk mengetahui pengertian permintaan.
3.Untuk mengetahui kurva permintaaan dan
pergeserannya.
Dalam
ekonomi terdapat permintaan (demand) dan penawaran (supply) yang saling bertemu
dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah
barang). Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan, penawaran, harga
dan kuantitas yang saling mempengaruhi satu sama lain.
Permintaan
merupakan salah satu aspek terpenting dalam eknoi manajerial.
Penting
bagi penciptaan,kelangsungan hidup dan profitabilitas perusahaan
1.3Rumusan Masalah
Adapun
rumusan masalah dari makalah ini adalah :
1.Pengertian Permintaan dan penawaran
2.Hukum Permintaan dan penawaran
3.Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat
permintaan (demand).
4.Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkst
penawaran (supply).
5.Bagaimana bentuk kurva permintaan ?
6.Bagaimana pergeseran kurva permintaan ?
1.4
Pembatasan Masalah
Dalam penulisan makalah ini,penulis
membatasi masalah yang akan dibahas agar lebih jelas,penulis hanya akan
membahas tentang teori permintaan,penawaran,serta factor-faktor yang
mempengaruhinya.
BAB II
PEMBAHASAN MASALAH
2.1.
Pengertian/Arti Definisi Permintaan dan Penawaran
Permintaan adalah sejumlah barang yang
dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan pengertian
penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga
dan waktu tertentu.
Contoh
permintaan adalah di pasar kebayoran lama yang bertindak sebagai permintaan
adalah pembeli sedangkan penjual sebagai penawaran. Ketika terjadi transaksi
antara pembeli dan penjual maka keduanya akan sepakat terjadi transaksi pada
harga tertentu yang mungkin hasil dari tawar-menawar yang alot.
2.2.
Hukum Permintaan dan Hukum Penawaran
Jika semua asumsi diabaikan (ceteris
paribus) : Jika harga semakin murah maka permintaan atau pembeli akan semakin
banyak dan sebaliknya. Jika harga semakin rendah/murah maka penawaran akan
semakin sedikit dan sebaliknya.
Semua
terjadi karena semua ingin mencari kepuasan (keuntungan) sebesar-besarnya dari
harga yang ada. Apabila harga terlalu tinggi maka pembeli mungkin akan membeli
sedikit karena uang yang dimiliki terbatas, namun bagi penjual dengan tingginya
harga ia akan mencoba memperbanyak barang yang dijual atau diproduksi agar
keuntungan yang didapat semakin besar. Harga yang tinggi juga bisa menyebabkan
konsumen/pembeli akan mencari produk lain sebagai pengganti barang yang
harganya mahal.
2.3
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan (Demand)
1.
Perilaku konsumen / selera konsumen
Saat
ini handphone blackberry sedang trend dan banyak yang beli, tetapi beberapa
tahun mendatang mungkin blackberry sudah dianggap kuno.
2.
Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
Jika
roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises, selai dan margarin
akan turun permintaannya.
3.
Pendapatan/penghasilan konsumen
Orang
yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia
inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan mengirit
pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli.
4.
Perkiraan harga di masa depan
Barang
yang harganya diperkirakan akan naik, maka orang akan menimbun atau membeli
ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin.
5.
Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
Ketika
flu burung dan flu babi sedang menggila, produk masker pelindung akan sangat
laris. Pada bulan puasa (ramadhan) permintaan belewah, timun suri, cincau,
sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan sangat tinggi dibandingkan
bulan lainnya.
2.4.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran (Suply)
1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
Jika
biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat
produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu
bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual. Dengan adanya
teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu
penurunan harga.
2.
Tujuan Perusahaan
Perusahaan
yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan
menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi
tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka
perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah
sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.
3.
Pajak
Pajak
yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan
menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.
4.
Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
Jika
ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan
ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan
permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.
5.
Prediksi / perkiraan harga di masa depan
Ketika
harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri
dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual
lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.
2.5 Kurva Permintaan
Kurva permintaan (demand curve)
adalah kurva yang menggambarkan hubungan antara harga dengan jumlah barang yang
diminta. Sesuai dengan hukum permintaan, maka bentuk kurva permintaan melereng
dari kiri atas ke kanan bawah atau dari kanan bawah ke kiri atas.
Untuk memahami hubungan permintaan dengan harga, amatilah tabel
berikut ini.
2.6 Pergeseran kurva permintan
Kurva permintaan dapat bergeser ke kanan dan
kekiri ,jika keadaan lain yang ceteris paribus tidak dipenuhi.Apabila
pendapatan seseorang bertambah,maka permintaan barang yang akan di beli juga
bertambah,sehingga kurva bergeser kekanan,sebaliknya apabila pendapatan
seseorang berkurang maka permintaan juga berkurang sehingga kurva bergeser ke
kiri,jika digambarkan dalam bentuk grafik akan tampak sebagai berikut :
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Permintan adalah banyaknya jumlah
barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat harga tertentu
pada tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu.
Hukum permintaan adalah
hukum yang menjelaskan tentang adanya hubungan yang bersifat negatif antara
tingkat harga dengan jumlah barang yang diminta.
Dalam ekonomi, kurva
permintaan merupakan grafik yang menggambarkan hubungan antara harga dengan
jumlah komoditas yang ingin dan dapat dibeli konsumen.
Faktor-Faktor yang
Memengaruhi Tingkat Permintaan (Demand)
Harga barang itu
sendiri
Harga barang substitusi
(pengganti)
Harga barang
komplementer (pelengkap)
Jumlah Pendapatan
Selera konsumen
Intensitas kebutuhan
konsumen
Perkiraan harga di masa
depan
Jumlah penduduk
Pergeseran kurva
permintaan disebabkan oleh berbagai faktor selain harga produk tersebut.
3.2 Saran
Dengan adanya makalah
ini, semoga kalian dapat memahami dan mengerti tentang Teori,
Hukum,Kurva,Factor-faktor,dan Pergeseran Kurva Permintaan dalam study Pengantar
Ekonomi, selain dari itu kami dari kelompok 1 juga mengharapkan kritikan dari
kalian semua, agar dapat membangun atau untuk menyempurnakan pembuatan makalah
yang selanjutnya.
DAFTAR
PUSTAKA
Sumber:
Gorman, T. (2009).
Economic's. Jakarta: Prenada .
Karim, A. A. (2003).
Ekonomi Mikro Islam . Jakarta: The International Institute Of Islamic Thought
Indonesia dan Karim Business Consultant.
Soekirno, S. (2005).
Mikro Ekonomi : Teori Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
"Marshallian Cross
Diagrams and Their Uses before Alfred Marshall: The Origins of Supply and
Demand Geometry" by Thomas Humphrey (via the Richmond Fed)
http://www.organisasi.org/1970/01/pengertian-permintaan-dan-penawaran-hukum-faktor-yang-mempengaruhi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar